«

»

Feb 07

EMPAT GOLONGAN PENGHANCUR ISLAM

images

EMPAT GOLONGAN PENGHANCUR ISLAM

Api peperangan antara haq dan bathil akan terus menyala dari waktu ke waktu, zaman ke zaman dan disetiap tempat dimana bumi dipijak.

Iblis dan bala tentaranya tak kenal lelah menghalangi ahlul haq dari shirothol mustaqim. Dan terkadang tak sadar sebagian orang berada dalam barisan mereka untuk menghancurkan islam dari dalam. Oleh karena itu kenalilah mereka jangan sampai terjebak dalam perangkapnya atau bahkan jangan sampai kita termasuk didalam shof dan barisan mereka.

Ibnu qoyyim berkata:

“Berkata Muhammad bin Al-Fadhl Ash-Shufi Az-Zahid:

Islam akan hancur ditangan 4 golongan manusia

1. golongan yang tidak mengamalkan ilmu yang mereka ketahui

2. golongan yang mengamalkan apa yang tidak mereka ketahui

3. golongan yang tidak beramal dan tidak juga berilmu

4. golongan yang menghalangi manusia dari mempelajari ilmu.

Aku katakan (ibnu qoyyim):

-golongan yang pertama orang yang memiliki ilmu tidak mengamalkan ilmu. Orang tersebut adalah orang yang paling berbahaya bagi orang-orang Awam karena dia akan menjadi alasan bagi orang awam pada setiap perbuatan yang tercela dan perbuatan yang celaka (yang mereka lakukan)

-Golongan yang kedua adalah: ahli ibadah yang bodoh, karena sesungguhnya manusia akan berbaik sangka terhadapnya :dengan ibadahnya dan kesholehannya. Maka mereka mencontohnya dengan kebodohannya.

Dan dua golongan inilah yang sebagian salaf menyebutkan mereka dalam nasehatnya: “jauhilah orang alim yang fajir (hanyut dalam kemaksiatan) dan ahli ibadah yang bodoh. Karena sesungguhnya fitnah mereka berdua adalah fitnah bagi setiap orang. Karena manusia sesungguhnya hanya mencontoh ulama dan ahli ibadah mereka. Apabila ulamanya adalah orang yang hanyut dalam maksiat dan ahli ibadahnya adalah orang yang bodoh. Maka musibah akan menyeluruh dengan keduanya, dan fitnah akan membesar menimpa orang khusus dan orang awam.

-Dan golongan yang ketiga: yang tidak memiliki ilmu dan tidak beramal, sesungguhnya mereka layaknya binatang ternak yang digembalakan.

Golongan yang keempat: mereka adalah PERWAKILAN IBLIS di muka bumi, dan merekalah yang MENGHALANGI MANUSIA DARI MENUNTUT ILMU dan mendalami agama. Merekalah golongan yang lebih berbahaya dari SETAN JENIS JIN. Karena mereka menghalangi hati-hati manusia dari hidayah Allah dan jalan Allah.

Dan empat golongan inilah yang disebutkan oleh orang yang arif ini rohimahullah. Dan mereka semuanya berada dalam tepi jurang yang runtuh dan berada dalam jalan kebinasaan.

Dan tidaklah seorang alim dan da’i -yang menyeru- kepada Allah dan Rasulnya menemui gangguan dan permusuhan, kecuali dari tangan empat golongan tersebut. Dan Allah akan menggunakan siapa saja yang dikehendaki untuk melampiaskan murka-Nya, sebagaimana menggunakan siapa saja yang ia cintai untuk menyampaikan ridho-Nya. Sesungguhnya Dia dzat yang Maha mengabarkan lagi Maha melihat.”

[Miftah daaris sa’adah, ibnul qoyyim(1/160)cet. Darul kutub ilmiyyah]

Maka jangan heran, apabila ada pengusiran pada dai’ ahlus sunnah, pencekalan, penggusuran pesantren dan masjid mereka, pembubaran kajian mereka. Tidak lain itu semua adalah usaha iblis untuk memadamkan cahaya Allah.

يُرِيدُونَ لِيُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَاللَّهُ مُتِمُّ نُورِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan mulut (tipu daya) mereka, tetapi Allah (justru) menyempurnakan cahaya-Nya, walau orang-orang kafir membencinya”. [Surat ash-shof:8]

Semoga bermanfaat

Ustadz Dika Wahyudi Lc.