«

»

Feb 07

Sepenggal Kisah Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat – Semoga Allah menjaganya

Ada sepenggal kisah keluar nya buku kecil ini di alam penerbitan dari penulis nya sendiri, yakni Syaikhina Abdul Hakim bin Amir Abdat hafidzhahullah..

Berikut ini kisah selengkapnya secara ringkas.
“Ketika shalat Ashar di sebuah masjid jami’, saya melihat seorang ikhwan-panggilan akrab untuk laki-laki muslim- yang berada di samping saya memakai celana yang sangat panjang dan melewati mata kaki, atau berbuat sangat isbal.
Saya sedih dan merasa amat kasihan.
Selesai shalat dan berdzikir, hati saya terus berbicara memikirkan si ikhwan: ” tentu saja dia seperti kebanyakan muslimin, yang belum tahu perihal hukum isbal yang sebenarnya.”
Saat itu tiba-tiba saya teringat, bahwa saya pernah menulis perkara isbal di dalam kitab Al Masaa-il pada beberapa jilidnya pada empat masalah, maka alangkah baiknya apabila saya kumpulkan jadi satu buku kecil sebagai upaya atau cara dalam mendakwahkan masalah ini kepada umat Islam terkait hukumnya. Karena dakwah melalui tulisan atau kitab besar sekali manfaatnya, terkhusus pada hari ini.
Berapa banyak manusia yang tidak mau atau menolak atau belum paham saat didakwahkan dengan lisan (ucapan), namun begitu tulisan atau kitab yang sampai ke tangan mereka, kemudian kitab itu dibaca dan dipelajarinya, maka yang sebelumnya tidak tahu pun menjadi tahu, yang awalnya belum paham sekarang sudah paham, yang pernah menolak kini sadar dan menerima.
Semuanya terjadi dengan izin dan hidayah dari Rabbul ‘alamin (Rabb semesta alam).
Cara berdakwah ini saya coba berkali-kali sejak puluhan tahun, serta telah diberitahukan kepada oleh beberapa muslimin tentang manfaatnya yang amat besar. Maka itu segala puji bagi Allah, Rabbul ‘alamin.
Demikian salah satu keistimewaan dakwah dengan tulisan atau kitab, yang juga termasuk dalam bab jihad dan penulisnya dinilai sebagai mujahid yang sedang berjihad dengan pena!
Tentu yang dimaksud adalah tulisan Ilmiyyah, dan ditulis oleh Ulama ataupun Penuntut ilmu yang bahasannya didukung oleh dalil-dalil yang kuat dari Al Qur’an dan as Sunnah yang Shahih.
Sungguh, tulisan ataupun kitab yang tidak memenuhi kriteria ilmiah justru hanyalah akan memberikan kepada para pembaca kebodohan, penipuan, dan kesesatan!
Maka kemudian, setibanya di rumah, segera saya kumpulkan materi yang bertebaran dalam kitab Al Masaa-il dari bab isbal. Lalu saya susun kembali semuanya itu dengan sedikit tambahan atau pengurangan dari “wajah” aslinya. Hingga jadilah, dengan izin Allah ‘azza wa jalla, satu kitab kecil yang sekarang berada di tangan Anda.
Akhir kata, sebagai penutup muqaddimah ini, saya ucapkan: Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush shalihat Rabbil ‘alamin; Segala puji bagi Allah, yang dengan sebab nikmat-Nya saja sempurnalah segala kebaikan. Shalawat serta salam tercurah atas Nabi yang mulia shalallahu’alaihi wasallam.

Buah pena,
Abu Unaisah Abdul Hakim bin Amir Abdat
Jakarta, Muharram 1435H
——————-
November 2013M