«

»

Nov 28

BANYAKNYA TULISAN… AKAN TETAPI, BANYAK YANG TIDAK BERMANFAAT

BANYAKNYA TULISAN…

AKAN TETAPI: BANYAK YANG TIDAK BERMANFAAT…

[1]- ‘Abdullah bin Mas’ud -radhiyallaahu ‘anhu- menyebutkan dari Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- (beliau bersabda):

أَنَّ بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ تَسْلِيْمَ الْـخَاصَّةِ، وَفُشُوَّ التِّجَارَةِ، حَتَّى تُعِيْنَ الْمَرْأَةُ زَوْجَهَا عَلَى التِّجَارَةِ، وَقَطْعَ الْأَرْحَامِ، وَشَهَادَةَ الزُّوْرِ، وَكِتْمَانَ شَهَادَةِ الْـحَقِّ، وَظُهُوْرَ الْقَلَمِ

“Sesunggguhnya sebelum Hari Kiamat (akan terjadi): pemberian salam hanya kepada orang tertentu, tersebarnya perdagangan sampai seorang istri membantu suaminya di dalam berdagang, terputusnya silaturahmi (hubungan kekeluargaan), persaksian yang dusta, disembunyikannya persaksian yang benar, dan TAMPAKYA PENA.”

HR. Ahmad (no. 3870- cet. Daarul Hadiits), dishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir dan Syaikh Al-Albani -rahimahumallaah-.

[2]- Tampaknya pena, maksudnya adalah: tulisan -sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Ahmad Syakir-.

[“Al-Musnad” (VII/65- cet. Daarul Hadiits)]

[3]- Selain mengabarkan tentang tampaknya pena -yakni: banyak tersebarnya tulisan-; maka Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- juga mengabarkan tentang: DIANGKATNYA ILMU DAN TERSEBARNYA KEBODOHAN, beliau bersabda:

إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ، وَيَظْهَرَ الْـجَهْلُ…

“Sesunggunya di antara tanda Hari Kiamat (akan terjadi): diangkatnya ilmu dan tampaknya kebodohan…” [(HR. Al-Bukhari (no. 80) & Muslim (no. 2671)]

Maka yang dimaksud dengan ILMU YANG DIANGKAT adalah: ILMU SYAR’I, YANG DENGANNYA MANUSIA MENGENAL RABB MEREKA DAN BERIBADAH KEPADA-NYA DENGAN SEBENAR-BENAR PERIBADAHAN. Realita yang ada adalah: banyak tulisan akan tetapi :tidak menambah melainkan kebodohan dan jauh dari syari’at Islam, kecuali sedikit saja.

[Lihat: “Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah” (VI/635), karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani -rahimahullaah-]

[4]- “Tersebarnya pena; yakni: banyaknya tulisan…Tentunya tulisan-tulisan tersebut ada yang bermanfaat dan (ada yang) mudharat…

(1)- Barangsiapa yang menulis tentang sesuatu yang bermanfaat; maka dia terpuji sebagai pelaku dari salah satu tanda-tanda Hari Kiamat.

(2)- Sebaliknya: barangsiapa yang menulis tentang sesuatu yang mudharat; maka dia tercela sebagai pelaku salah satu dari tanda-tanda Hari Kiamat.

Saya berharap mudah-mudahan Allah -Jalla Jalaaluhu- memasukkan saya ke dalam golongan yang pertama bersama saudara-saudara saya sesama penulis yang berjalan di atas Manhaj Salaful Ummah.”

[“Telah Datang Zamannya” (hlm. 183-183 -dengan diringkas-), karya Fadhilatul Ustadz ‘Abdul Hakim bin ‘Amir Abdat -hafizhahullaah-]

-ditulis oleh: Ahmad Hendrix-