«

»

Nov 28

IGAUAN MEREKA.

IGAUAN MEREKA…

Syaikh Doktor Shalih bin Fauzan Al-Fauzan -hafizhahullaah- berkata:

“Shalat jama’ah adalah wajib dan fardhu atas setiap muslim. Orang yang meninggalkannya adalah berdosa, bahkan diberi hukuman juga. Karena Rasulullah -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يَأْتِه؛ِ فَلَا صَلَاةَ لَهُ، إِلَّا مِنْ عُذْرٍ

“Barangsiapa mendengar adzan kemudian tidak mendatanginya; maka tidak ada shalat baginya kecuali dia ada udzur.”…

Dan tatkala datang seorang buta kepada Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- dengan menyebutkan kesulitannya untuk pergi ke masjid, sedangkan tidak ada orang yang menuntunnya, sehingga dia meminta keringanan dari Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- untuk dibolehkan shalat di rumahnya. Maka Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- bertanya kepadanya: “Apakah engkau mendengar adzan?” Orang buta itu menjawab: “Iya.” Maka Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- bersabda: “Maka penuhilah (panggilan adzan) itu!”…

Maka ini menunjukkan atas wajibnya shalat jama’ah di masjid yang dikumandangkan adzan…

Maka shalat jama’ah adalah perkara yang agung, sehingga tidak boleh bermudah-mudahan dengannya… DAN JANGAN BERPALING KEPADA #IGAUAN ORANG-ORANG YANG MENGAMBIL PENDAPAT-PENDAPAT YANG MENYELISIHI DALIL, DAN MEREKA MENGUMPULKANNYA, KEMUDIAN BERKATA: “INI ADALAH PENDAPAT-PENDAPAT PARA ULAMA.” Kita katakan: “Pendapat-pendapat para ulama: bisa salah dan bisa benar. Maka yang wajib adalah: ittibaa’ (mengikuti) dalil, bukan mengikuti pendapat-pendapat manusia.”.”

[“It-haaful Qaari” (II/136-138)]

-diterjemahkan secara ringkas oleh: Ahmad Hendrix-

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=535422520131962&set=a.360768724264010.1073741830.100009926563522&type=3